Marketing on Ramadhan

by Minggu, Agustus 26, 2012 0 comments

Sore itu sepulang kerja, saya menyempatkan diri mampir ke sebuah mall. Menunggu saat berbuka sekaligus bernostalgia dengan memori pekerjaan di ritel (department store fashion). Seperti biasa, saat bulan ramadhan saat paling membahagiakan bagi pengusaha pakaian, karena omset mereka dalam 1 bulan ini sama dengan pencapaian omset sebesar 60% per tahun. Luar biasa

Namun sore itu, tidak ada pemandangan menarik saya temukan (iya sih,hanya label diskon 50% atau 70% yg bisa menyita perhatian saya). Suasana store yang penuh sesak, membuat saya tidak nyaman. Kaki saya segera melangkah kepintu keluar.

Tepat di ujung, pintu keluar, pandangan saya terhenti oleh sebuah booth penjualan. Booth modern yang didominasi warna putih, hijau dan biru berasa sejuk dipandang. Ada 3 gadis berjilbab, yang berjaga didalamnya. Sebuah signage bertulisan zakat fitrah,mendorong diri saya melangkah ke booth itu.

Salah seorang gadis mengucapkan salam, dan saya membalasnya.
"Ada yang bisa dibantu pak " tanya nya dengan sopan ....
"Iya mbak, saya membaca ada tulisan zakat fitrah. Berarti menerima pembayaran zakat ya disini ..."tanya saya
"Betul, pak, kami dari Al-Falah (yayasan masjid di Surabaya) menerima pembayaran zakat fitrah di sini." jelasnya

Segera saya keluarkan uang dari dompet dan dengan sigap gadis tersebut menerimanya. Segera ditulisnya sejumlah keterangan di kertas donasi. Saya menyukai melakukan kewajiban zakat di booth tersebut karena banyak alasan :
Pertama, karena yayasan tersebut peduli dan serius dengan apa yang dilakukan nya. Karena mereka bersedia menjemput bola.
Kedua, saya mengenal reputasi yayasan itu, karena mereka transparan mengelola dana umat, bahkan untuk operasioanal mereka sudah mandiri dan memiliki usaha, sehingga tidak menggunakan dana umat yang masuk.
Ketiga, mereka seringkali menambahkan majalah ataupun artikel tentang kegiatan ataupun tentang keagamaan untuk diberikan kepada donatur. Hal yang menurut saya sangat bermanfaat.

Hall tersebut yang membuat saya nyaman melaksanakan kewajiban saya di booth tersebut. Namun kali ini, ada sesuatu yang berbeda....

Setelah menuliskan data di kertas donasi, salah seorang gadis tersebut berdiri, mengajak kami semua berdoa...
Dia memimpin doa atas amal yang diberikan donatur... didoakan semoga amal tersebut diterima dan diberi keberkahan...
* hati saya sangat tersentuh, diam2 didalam hati, saya turut mendoakan mereka ber3 agar diberi kemudahan dalam  bertugas dan diberi keberkahan dalam kehidupan mereka.

Saya pernah mendapat training tentang  kepuasaan pelanggan, dimana dibagi menjadi 4
1. under expectation
2. expection
3. beyond expection
4. delightfull (pengalaman yang tidak terlupakan)

Dan yang dilakukan oleh program zakat Al-Falah, bagi saya delighfull, karena mereka jelas memikirkan program zakat ini secara seksama. Nice marketing campaign (to be continue)

EN

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.