Mencicipi kue manis booming Facebook Ala Indonesia oleh : Andryanto Eko Nugroho

by Senin, Maret 23, 2009 1 comments

Sebagai seorang penikmat facebook (baca : kalau tidak mau disebut kecanduan), perkembangan Facebook di Indonesia sungguh luar biasa. Berbagai kalangan mulai memanfaatkan situs generasi web 2.0 ini untuk berbagai hal. Mulai ajang untuk mengkampanyekan diri (caleg), menjual jasa/service, bertukar pikiran dalam komunitas, menjalin pertemanan sampai ajang menjaga “nilai jual” keartisan. 

Tercatat berbagai macam nama artis aktif menggunakan FB sebagai media untuk mendengar suara dari penggemar mereka dan berinteraksi. Sebutlah nama seperti Nafa Urbach sampai ke komedian Parto Patrio. Mereka ini cukuf aktif menyapa dan berinteraksi dengan penggemarnya. Nafa Urbach bahkan sering mendiskusikan dengan berbagai jenis lagu sampai desain album barunya. Cukup menarik karena dalam proses ini Nafa sangat memperhatikan komentar dari fansnya. Sebuah proses marketing yang sangat mendengar suara konsumen utamanya.           

Berbeda halnya dengan komedian Parto Patrio. Ditengah kesibukan syuting jadwal padatnya, komedian satu ini sering menyapa para penggemarnya. Uniknya, Parto sampai menyempatkan diri menulis pantun bagi penggemarnya sampai membalas menulis di “wall”  para fansnya hampir setiap hari. 

Hal ini dilakukan lewat piranti BlackBerry yang digenggamnya. Berikut salah satu kutipan statusnya :
6 maret 2009
Parto : Liat bebek lagi kawin ama soang,
ada orang lewat 'mereka pada kabur,,,,
 kerja semangat hari jum'at doang,
apa karena besok semua pada libur. 10:05am - Comment - Like  *

 Tak dapat dipungkiri, selain menjaga awarness masyarakat akan dirinya, langkah cerdas ini akan menjaring penggemar baru bagi sang komedian. Sampai-sampai para penggemarnya mendirikan group POS FB (singkatan dari Perkumpulan Orang Sarap FB). Dimana didalamnya terjadi interaksi bercanda yang sangat ampuh untuk menghilangkan stress ataupun kepenatan sehari-hari (balas berbalas pantun dan becanda antara Parto dan para penggemarnya). Suatu langkah marketing yang bijak. (low budget high impact, what do you think?). 

          Piranti Blackberry yang digunakan oleh Parto, saat ini juga menuai manisnya booming dari facebook. BB (panggilan trend Blackberry) seolah menjadi piranti yang ampuh untuk melakukan posting di Facebook. Karena selain digunakan untuk email, kegiatan lain yang umum dilakukan pengguna BB adalah YM (Yahoo Messenger) dan Facebook. Suatu momentum yang sangat menguntungkan penjualan Blackberry di Indonesia. Sampai-sampai 3 (Three) operator gsm di Indonesia, mencantumkan promosi  internetnya yang dapat digunakan untuk facebook (catat : facebook bukan friendster) di iklan tvnya. Suatu pertanda untuk Friendster agar melakukan inovasi agar tidak tertinggal jauh oleh Facebook. 

          Para calon legislatif pun tidak segan-segan untuk mengucurkan dana kampanye untuk berpromosi di Facebook. Presiden SBY pun telah memiliki page di Facebook untuk menangkap trend web 2.0 dan mensosialisasikan diri di era kemajuan informasi ini. (Termasuk Presiden Obama tentunya). 

          Nah sekarang, apakah anda akan tertarik untuk menyebarkan pesona produk anda guna menjaring pengguna Facebook  di Indonesia sebanyak 1,964,580 pengguna?** 

(Parto Patrio Profile)

**data diambil dari Facebook Adv. Pada tanggal 6 Maret 2009

 Oleh : 

EN

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.